FoundersxStories CEO Bukalapak.com : Achamd Zaky, Sejuta Viewers Berawal dari Ruko

Ada yang menarik di Rabu (27 Mei) lusa lalu di kampus tercinta, Universitas Bakrie. Kolaborasi antara organisasi besar semacam Tech In Asia dan StudentsxCEOs mengadakan acara campus visit dalam tajuk FoundersxStories. Cukup biasa melihat ramainya peserta yang datang karena antusias luarbiasa untuk menyaksikan kisah dan ilmu dari CEO Bukalapak.com. Achmad Zaky.Sebelumnya penulis juga baru mengetahui adanya organisasi yang luarbiasa di bidang IT, yaitu Tech In Asia. Tech In Asia lahir dari pemikiran bahwa Indonesia itu besar dan pengguna internetnya dari tahun ke tahun terus bertambah secara signifikan. Secara statistik pada 2010 pengguna internet di Indonesia menyentuh angka 42juta dan 2014 menjadi 82juta. Melihat potensi pasar yang sangat besar ini Tech In Asia dalam langkah konkrit mengambil bagian juga. Tech In Asia sendiri sesuai namanya secara online mengcover berita mengenai Startup Bisnis, Teknologi dan juga Entrepreneur se-Asia. Tech In Asia juga tentunya sudah mengembangkan perusahaannya di Indonesia dengan nama Tech In Indonesia yang sekarang beranggotakan 90 orang di seluruh Asia.

Secara offline Tech In Asia juga mengadakan acara-acara taraf internasional hingga kampus. Ada tiga kategori acara yang mulai rutin dilakukan Tech In Asia, yaitu :

Tech In Asia Conference

Acara ini diadakan secara rutin tiga kali dalam satu tahun di berbagai kota besar di Asia. Tahun ini akan diadakan di Singapore, Tokyo dan terakhir Jakarta di November mendatang. Menghadirkan pembicara-pembicara startup yang mencapai titik suksesnya seperti Founder Path, 9gag, Ycombinator dll. Ada juga Startup Showcase dimana para startup dapat mempromosikan produk mereka ke venture capitalist dan pelaku startup lainnya secara gratis.

Meetup

Acara ini berlokasikan di kafe, restoran ataupun tempat lainnya bisa dijadikan sebagai tempat forum diskusi. Mengundang pembicara lokal seperti founder atau CEO startup yang sudah berkembang bisnisnya.

Campus Visit

Konsep acara mirip seperti Meetup hanya berbeda pada lokasi yang diambil saja, yaitu kampus-kampus yang diajak bekerjasama.

Sekilas mengenai Tech In Asia dan selanjutnya isi dari FounderxStories kemarin juga tidak kalah menakjubkan. Bukalapak didirikan dengan impian sebagai platform yang mempertemukan penjual dan pembeli dimanapun, kapanpun dan memakai apapun. Seperti yang pembaca duga tentu perjuangan keras ditempuh oleh Achmad Zaky hingga dapat mencapai titik seperti sekarang. Beliau memulainya pada 2010 bersama rekannya dan bermodalkan uang hasil menang berbagai kompetisi mereka menyewa ruko kecil sebagai tempat membangun mimpinya. Mulai dari tidur, makan dan sebagainya mereka habiskan di ruko kecil tersebut. Rutinitasnya juga terbilang unik bayangkan mereka setiap harinya fokus dalam membangun sistem dan menjaring para pedagang agar mau berjualan di bukalapak. Mulai dari mengupload barang-barang pribadi mereka sendiri ke bukalapak hingga mengirim message via facebook kepada para penjual barang dan terhitung bisa mencapai 1000 pesan tiap harinya. Bukalapak menemukan titik cerah saat boomingnya komunitas sepeda fiksi pada tahun itu lantas banyak komunitas yang menggunakan jasa bukalapak untuk mencari sepeda hingga sparepartnya. Berlanjut dengan bertemu ventur kapital dari Jepang membuat bukalapak terus berkembang dan sekarang memiliki kantor sendiri. Tantangannya tentu saja adalah orang Indonesia masih kurang percaya dalam hal pembelian secara online atau cash oriented. Namun, Zaky yakin kedepannya bukalapak akan terus berkembang dan masyarakat akan menyadari kenyamanan dan keamanan dalam berbelanja melalui bukalapak.com

Pesan Zaky adalah Jangan pernah berhenti bermimpi dan perjuangkanlah mimpi tersebut daripada harus menjualnya kepada perusahaan. Stop Money Oriented!

Sekian dari penulis,

Salam

Idrus

Advertisements

4 thoughts on “FoundersxStories CEO Bukalapak.com : Achamd Zaky, Sejuta Viewers Berawal dari Ruko

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s