About Time : Ikatan Keluarga dan Magisnya Waktu

Film pertama yang mengisi kolom penulis di kategori InFilm blog ini. Mengingat first impression itu penting maka film yang dibahas kali ini adalah film terfavorit penulis pribadi. Film yang ditangani oleh sutradara kawakan Richard Curtis sebut saja karya-karya sebelumnya seperti Four Weddings And A Funeral, Notting Hill dan Love Actually. Dan kali ini filmnya berkaitan dengan time travel, sebuah dasar cerita yang sangat menarik untuk disimak. Meskipun film dengan premis perjalanan waktu telah berulang-ulang kali digunakan namun kali ini dibalut dengan fresh oleh Curtis melalui sentuhan komedi dan sebuah ikatan keluarga. Bahkan bisa dikatakan film ini mempunyai kesan mendalam setelah selesai menontonnya.

Spoiler

Pada ulang tahunnya yang ke 21 tahun, Tim (Dimhnall Gleeson) yang merupakan seorang lelaki kuper diberitahu oleh ayahnya jika pria dalam keluarganya dapat melakukan perjalanan waktu. Mereka tidak melakukan hal bodoh seperti membunuh Hitler atau bercinta dengan artis terkenal. Mereka hanya bisa pergi ke momen masa lalu mereka sendiri.  Caranya pun cukup mudah dengan berada di ruangan yang gelap sambil mengepalkan tangan. Dan ketika Tim bertemu dengan wanita pujaannya Mary (Rachel McAdams), ia menggunakan segala kekuatannya termasuk pergi ke masa lalu untuk mendapatkan hatinya.

Kisah Romansa Unik

Mungkin terdengar sebuah premis yang biasa saja namun Richard Curtis sebagai sutradara dan penulis dapat mengeksekusinya dengan baik. Penulis merasakan sendiri bahwa setiap momen yang ada sangat kental dengan unsur romansa komedi, sebuah kisah yang manis dan romantis. Usaha Tim untuk agar Mary jatuh hati padanya seperti sebuah keajaiban.

Musik

Ben Folds’ The Luckiest dan The Waterboys’ How Long Will I Love You. Setelah pembaca menonton film ini pasti langsung mencari musik yang digunakan pada film ini. Pemilihan lagu yang sangat baik dengan genrenya dan berhasil menggungah hati penontonnya.

Alur Cerita

AboutTime tidak hanya tentang lelaki dan perempuan yang berusaha untuk jatuh cinta, ini juga apa yang terjadi setelahnya. Setelah suatu hubungan membuat mereka untuk menghabiskan  waktu bersama sebagai keluarga. Tim sadar jika kemampuannya untuk melakukan Time Travel tidak bisa digunakan secara terus menerus karena akan ada efek sampingnya. Ya, sesuatu yang akan membuatnya takut dan patah hati karena timelinenya hidupnya berubah dengan signifikan.

Karakter Film

Cast dari pemerannya bisa dikatakan melakukan tugasnya dengan baik. Gleeson, lelaki dengan karakter hangatnya yang akan menarik simpati para audience. McAdams dengan senyum manisnya, yang tidak akan membuat ragu jika ada seorang pria yang melakukan time travel hanya untuk melihatnya tersenyum. Nighy dengan kharisma sebagai seorang ayah yang dengan sabar mengajarkan anak lelakinya tentang hal-hal yang berharga dalam hidup dan kasih sayang.

Nilai Moral

about time

Menulis mengenai About Time membuat penulis ingin menontonnya lagi tertagih untuk hanyut dalam ceritanya. Film ini mengajarkan tentang pengorbanan dan sejatinya kita tidak bisa membuat semua orang senang dalam satu waktu. Bagaimana Tim melakukan time travel hanya karena tidak senyum di satu harinya sungguh pesan yang syarat akan nilai untuk penontonnya. Ayah Tim yang begitu menyayangi keluarganya memberi kita pelajaran mengenai keutamaan keluarga. Dan tentunya Mary, wanita introvert yang khas akan senyumannya mengajarkan banyak hal mengenai etika dan kekuatan senyuman.

Sekian mengenai film inspirasi kali ini. Selanjutnya film yang akan penulis bahas tidak akan kalah menarik.

Selamat menyaksikan!

Salam,

Idrus

Sumber

Advertisements

3 thoughts on “About Time : Ikatan Keluarga dan Magisnya Waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s