Antara “Famous” dan “Notorious”

Kebutuhan alamiah manusia yang sangat lekat adalah salah satunya ingin dikenal lingkungannya. Rasa puas tersendiri saat seseorang dilabelkan sebagai orang yang terkenal di lingkungannya maupun yang lebih besar. Banyak dari kita yang melakukan berbagai macam hal demi label terkenal tersebut baik itu positif maupun negatif.

Adalah hal menarik membahas mengenai topik ini dalam dua konotasi kata, yaitu Famous & Notorious. 

Famous is used for a person who is well known for what is considered a good thing.”

“Notorious is used for a person who is well known for a bad thing, such a crime.”

Dari pengertiannya, Famous dan Notorious adalah konotasi untuk mereka yang terkenal baik dari positifnya maupun negatifnya. Banyak dari kita yang malah salah persepsi mengenai fenomena “terkenal” dan lebih menuruti kebutuhan alamiah tersebut dibanding citra yang dibangun dari label tersebut. Dalam contoh nyata jika kita perhatikan banyak sekali yang mengorbankan dirinya asal dicap sebagai orang yang terkenal. Tidak penting belum kaya, dipuja-puja asal sudah sukses diperhatikan orang banyak. Sebagai contoh nyata, penulis dan pembaca bisa memperhatikan tokoh-tokoh terkenal di lingkungan kita secara spesifik seperti politisi ataupun artis yang lekat dengan layar kaca. Secara alamiah juga kita dapat menilai seseorang apakah dia seorang yang famous atau notorious.

Selanjutnya adalah pilihan hidup kita ingin dikenal karena kebaikan-kebaikan yang tulus kita lakukan dan menjadi sorotan dalam setiap doa orang yang kita bantu atau menjadi pelaku utama dalam hal dendam dan sakit hati bagi seseorang karena mulut atau perbuatan kita yang tercela.

Salam,

Idrus

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s